Lifestyle

Booklovers, Gedung Baru Perpusnas Diresmikan!

Para Pecinta Buku kini punya tempat baru yang asyik untuk menghabiskan waktu dengan membaca. Kamis, (14/9), Presiden Jokowi akan meresmikan gedung baru Perpusnas di Jalan Medan Merdeka No. 11, Jakarta Pusat.

 “Acaranya mulai jam 10.00. Akan diresmikan oleh Presiden Jokowi,” kata Kepala Perpustakaan Nasional, Drs. Syarief Bando, MM, dalam konferensi pers Peresmian Perpustakaan Nasional, Rabu, (13/9), di Perpustakaan Nasional.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk perhelatan tersebut, seperti pemasangan panggung, meja-meja makan, juga penataan lobby utama di lantai dasar. Usai diresmikan, Perpusnas akan terbuka untuk umum.

“Mulai jam 12.00, Perpusnas terbuka untuk masyarakat,” tambahnya.

Gedung baru Perpusnas ini menerapkan teknologi canggih, seperti koneksi internet berkecepatan tinggi, tiga lapis pengamanan listrik padam, drop buku otomatis, dan RPID untuk setiap bukunya. Saat ini, Perputakaan Nasional memiliki 2,6 juta koleksi yang akan memanjakan para penikmat buku, dan akan terus bertambah hingga mencapai 30 juta koleksi dalam 50 tahun. Koleksi tersebut juga berupa naskah-naskah dari seluruh penjuru tanah air.

“Manuskrip tertua yang kita punya adalah dari Garut, dari abad 16,” cerita Kepala Perpusnas, dalam kesempatan tersebut.

Terdiri dari 24 lantai dan 3 basement, Perpustakaan Nasional ini merupakan Perpusnas tertinggi di dunia. Terdapat lantai khusus untuk memamerkan manuskrip karya-karya Nusantara dari berbagai masa, juga arena bermain anak. Di lantai tertinggi, terdapat Executive Lounge untuk mengadakan pertemuan dengan penerbit-penerbit asing. Mushalla yang berada di lantai 6 pun nyaman dan luas.

 

Masyarakat dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada secara gratis, termasuk juga pembuatan kartu anggota. Gedung berdaya tampung 15.000 orang ini relatif mudah dijangkau. Posisinya berseberangan dengan pintu masuk Monas, IRTI, atau beberapa langkah dari Balai Kota Jakarta, dan dilintasi Trans Jakarta.
Kini, Para Pecinta Buku tak perlu risau mencari tempat yang asyik untuk menikmati buku. Cukup datang ke Perpustakaan Nasional, dan Anda akan terjebak pada asyiknya wisata literasi.

2 Comments

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: