Cara Pasang Logo di Wordpress (1)
Blogging,  Hobby

Cara Pasang Logo di Sidebar WordPress (Laptop/PC)

Setelah jadi Kang Sapu di gruop FB Blogger Muslimah, banyak yang bertanya-tanya tentang cara pasang logo di sidebar. Banyak yang sudah coba pasang, tapi gagal. Begitu terus sampai akhirnya logo Blogger Muslimah tak jadi terpasang, dan mereka terhempas. Selain itu, banyak juga yang nggak ada logo Blogger Muslimah-nya. Jadi, aku asumsikan, mereka belum tahu caranya hehehe.

Oke, di sini, aku mau coba jelaskan gimana cara pasang logo di WordPress. Cara ini berlaku buat penggunaan di PC atau laptop. Insyaallah nanti aku posting juga buat yang pasang logo di WordPress via apps. Cekidot!

1. Punya file logo dalam bentuk gambar

Formatnya boleh .jpeg, boleh .png. Tapi, aku saranin pakai .png yang banckground-nya transparan, supaya kalau sidebar blognya berwarna, nggak kelihatan maksa hehehe. Kenapa aku sarankan pakai gambar, bukan pakai kode html, soalnya pakai kode html sering gagal. Kalau belum punya file-nya, untuk logo Blogger Muslimah bisa diambil dari sidebar ini.

2. Buka “Widget” yang ada di menu “Appearance” di dashboard

Cara Pasang Logo di WordPress (2)

Nah, posisinya di situ. Antara blog gratisan dan blog berbayar, posisinya sama, di situ-situ juga. Cuma paling berbeda masalah settingan bahasa.

3. Seret “Image” ke posisi di mana kita mau taruh logo itu

Cara Pasang Logo di WordPress (3)

Biasanya banyak pilihan, mau di Primary Sidebar, Content Sidebar, atau Footer Widget Area. Kita bisa pilih sesuka kita. Cukup klik “Image”, nanti ada tanda panah empat arah, yang artinya widget itu geserable. Klik, geser sambil mouse-nya tetap dipencet. Kalau sudah sampai di lokasi tujuan, baru mouse-nya dilepas (yah, seperti itulah. Mudah-mudahan paham).

Baca juga: Kesel Postingan Blog Dicopas? Coba Cara Ini

4. Buka, lalu klik “Add Image” dan lakukan seperti biasa kita menambahkan gambar di postingan

Cara Pasang Logo di WordPress (4)
Maafkeun, yang ini berbahasa Indonesia

Kita bisa tambahkan judul, bisa juga nggak. Nggak harus. Kalau aku, nggak semua gambar aku kasih judul. Jadi, kalau kebingungan cari judul, kosongin aja. Toh, gambar sudah menjelaskan semuanya. #halah!

5. Kalau sudah, tambahkan link-nya

Cara Pasang Logo di WordPress (5)
Aku pakai gambar Tazmanian dulu, ya

Untuk link Blogger Muslimah, bisa copy ini: http://bloggermuslimah.id. Fungsinya link selain untuk mengarahkan orang ke web komunitas yang dituju, juga menunjukkan kevalidan logo tersebut dan komunitasnya. So, jangan lupa pasang linknya.

6. Klik “Save” dan lihat tampilannya

Cara Pasang Logo di WordPress (6)
Nah, ini tampilannya

Kalau pakai gambar berformat .png dan backgroundnya transparan, hasilnya jadi seperti itu di tampilan hitam. Kalau pakai format .jpeg biasanya ada kotak putih.

Gimana? Gampang banget, kan? Insyaallah cara ini nggak gagal, selagi ukuran file nggak terlalu mini. Pengaturannya juga sudah otomatis mengikuti besaran sidebar, jadi kita nggak harus merapikan sendiri.

Ditunggu logo Blogger Muslimah di blognya. Hehehe

 

Salam manis dari Kang Sapu Ketjeh

18 Comments

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: