Uncategorized

Eta Terangkanlah

Kata-kata yang lagi booming banget akhir-akhir ini, konon diambil dari baris pertama lagunya Opick yang judulnya Husnul Khotimah. Entah siapa yang pertama kali bikin hal ini viral. Yang jelas, udah beredar banyak video orang joget diiringin lagu “Eta Terangkanlah”, nyanyi sendiri atau ada yang dubbing.

Ada seorang Youtubers bikin video yang dia bilang tentang awal mula “Eta Terangkanlah”. Di video itu, ada orang lagi joget-joget, entah jogetnya kenapa, tapi, yang videoin dari jarak jauh ini nyanyi “Eta Terangkanlah”. Allahu a’lam bener itu awal mulanya apa bukan. Gak ada yang tau karena udah terlanjur viral dan nyari video yang pertama kali tayang itu susah banget.
Opicknya gak permasalahin soal itu. Di detik.com dia bilang kalau itu bentuk ekspresi. Tapi, banyak fansnya yang sewot. Yang bukan fans juga sewot karena lagu religi dibuat joget-joget. Kalau mau joget-joget mah, pake lagu SNSD aja #eh.
Diliat-liat, viralnya “Eta Terangkanlah” ini punya dua sisi komplit. Pasti ada positif dan negatifnya dari sesuatu yang lagi viral itu. Apalagi ini, lagu yang aslinya buat dakwah dan muhasabah, tau-tau dibuat joget-joget.
Orang-orang jadi “nyembarangin” lagu dakwah. Mereka gak peduli apa isinya, toh musiknya Eta mendukung buat joget. Jangankan lagu Husnul Khotimah, lagu Asalkan Kau Bahagia punya Armada aja, yang liriknya lugas banget ,kalau dikasih “dung tung tang tung” orang bakalan joget. Padahal lagu Armada itu cocoknya buat temen garukin tembok. Hikmah dari lagu ini jadi gak bisa ditangkap karena orang lebih fokus di seru-seruannya itu.

Hji dua hiji dua tilu
Eta terangkanlah, eta terangkanlah
Eta jiwa yang berkabut
Eta yang penuh dosa
Ampunilah, ampunilah
Tapi, ke-viral-an versi Eta ini juga bisa bawa orang ke video dan lirik aslinya. Orang-orang Indonesia kan suka penasaran gitu. Lalu, bertemulah mereka dengan lirik-lirik yang dalam dan dibalut musik yang menyentuh dari Opick. Bukannya gak mungkin kalau mereka akan terterangkan. Lirik Eta yang gak banyak berubah dari lagu aslinya juga bisa jadi hal positif kalau yang nyanyi dan yang denger meresapi dan merenungi isi lagunya.
Suka atau gak suka, hal ini udah viral. Udah terlanjur banyak banget orang yang bikin videonya. Kalau suka, mari nikmatin aneka video Eta di Youtube. Kalau gak suka, mari nikmatin lagu aslinya, tambahin viewers di Youtube official-nya, dan bikin versi aslinya lebih viral.
Ke-viral-an terjadi bukan karena ada kesempatan, tapi karena ada videonya

*menunggu reaksi emak-emak yang kemaren buat bahas hal ini. Kalau perlu bikinin petisi juga sebagai wujud keprihatinan atas moral generasi muda dan menjaga supaya generasi muda gak rusak mentalnya 😀

2 Comments

  • Cha Hakim

    Ane juga awalnya gak tau. Di grup Mifans emang pada suka bilang “eta terangkanlah” tiap minta penjelasan. Kirain mah emang gegaya sunda-sundaan aja. Iya itu lagu Wali, musiknya joget tapi isinya shalawatan. Efek bagusnya, gampang dicerna sama siapapun hehehe

    Ane masih nunggu emak-emaknya bikin petisi niy 😀

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: