Natur Hair Care (1)
Beauty,  Lifestyle

Lawan Rambut Rontok Dengan Natur Hair Care

Rambut rontok, asli, bikin kesal bercampur sedih. Aku mengalaminya. Setiap melihat rambut yang rontok, entah saat keramas atau bangun tidur, aku sering bertanya-tanya, “Ini kenapa sih, sebenarnya? Aku harus pakai shampoo apa lagi?”

Di acara Blogger Gathering Komunitas Sahabat Blogger dan Natur di Akademie, Rabu (30/5), sekaligus buka puasa dan makan malam bersama, aku menemukan apa yang terjadi pada rambutku.

Natur Hair Care (2)
Mbak Sarah dari Natur

Mbak Sarah, dari Natur menjelaskan, penyebab rambut rontok ada dua: eksternal dan internal. Masalah eksternal yang bisa menyebabkan rambut rontok adalah polusi dan hujan. Air hujan mengandung asam yang bisa membuat rambut rontok. Sedangkan, faktor internalnya adalah karena faktor usia, pola tidur yang tak menentu, stres, dan pola makan.

Cerita Rambutku

Aku jadi sedikit flashback tentang masa lalu dan rambutku. Aku memutuskan buat memakai jilbab sejak kelas I SMP. Shalehah banget? Nggak juga. Alasan aku pakai jilbab karena aku masuk sekolah Islam.

Di sekolah, aku ikut dua ekstrakurikuler: Pramuka dan Marching Band. Dua kegiatan itu tak ayal membuat mukaku belang. Total tiga hari dalam seminggu aku harus berlatih di bawah mentari. Mau protes karena panas juga sepertinya mustahil. Mana ada latihan baris berbaris, tali temali, dan membentuk display formasi di dalam kelas?

Bagaimana nasib rambutku? Aman terkendali. Rambutku relatif tebal, jadi rontok bukan masalah besar. Pun, ketombe. Selagi tertutup, tidak ada yang tahu bagaimana kondisi rambut yang sebenarnya. Lagipula, di asrama, orang-orang yang punya masalah rambut sebatas rontok atau berketombe dianggap jauh lebih beruntung daripada yang mereka berkutu.

Natur Hair Care (3)
Me and Natur

Memasuki bangku perkuliahan, hobiku bermain di bawah terik mentari tak juga surut. Bersama Miftah, saat liburan kuliah, aku menjadi relawan sebuah lembaga amil zakat nasional, yang tugasnya berkeliling perumahan dan gedung-gedung perkantoran untuk membagikan brosur.

Rambutku piye? Sebenarnya aman terkendali. Masih tak jauh berbeda dengan masa sekolah. Masalahnya, aku mulai peduli pada rambut dan kulit kepala. Aku mulai sering memakai pelembab rambut dan mengoleskan vitamin. Rambut rontok, kaku, ketombe, itu yang benar-benar aku hindari.

Demi punya rambut yang mirip di iklan shampoo, aku jadi sering gonta-ganti shampoo dan hair care. Aku menandai shampoo-shampoo yang membuat kondisi rambutku buruk. Begitupun dengan hair care. Tapi, yah, entah kenapa, rontok itu selalu ada. Pasti ada saja rambut yang terhempas tiap keramas. Meski awalnya aku cuek dan menganggap itu wajar, lama-lama jadi sedih juga. Salahku apa, sampai mereka tidak betah dan memutuskan hanyut bersama shampoo? Hiks!

Coba Pakai Natur

Yeah, Natur, merk ini memang santer dengan imejnya: lawan rontok. Aku rasa, merk ini patut masuk dalam daftar shampoo yang harus dicoba demi mengatasi rambut rontok. Tapi, masalahnya, imej lainnya juga lekat dengan merk ini: bau jamu. Jadi, aku harus pikir ulang, daripada rambut jadi bau jamu.

Sampai akhirnya, aku benar-benar memakai produk shampoo dari Natur. Hasilnya? Kayak ijuk! Iya, rambut aku jadi kaku dan kasar kayak ijuk. Duh, ya ampun! Ini kenapa rambut jadi pada protes? Harusnya mereka mulai kuat dari akar! Pengen mewek, tapi pasti diketawain. Pengen ganti shampoo lagi, tapi pasti dimarahin karena buang-buang uang. Ya sudah, sabar yang menjadi jalan terbaik.

Natur Hair Care (4)
My hairfall solution

Aku mulai lebih tenang saat Mbak Sarah menjelaskan kalau awal-awal pemakaian Natur memang rambut akan jadi seperti ijuk. Itu adalah proses detoksifikasi rambut. Selama ini, shampoo yang aku pakai berbahan kimia yang sebenarnya merusak rambut. So, rambut harus didetoksifikasi dulu dari bahan-bahan kimia yang menempel dan membuat rambut rusak, barulah shampoonya menjalankan tugas untuk membuat rambut kuat dari akar.

Kalau aku pakai tiap hari, setelah 14 hari, keijukan itu akan menghilang dengan sendirinya. Tapi, karena aku nggak sabar dengan keijukan itu, aku pakai conditioner-nya. Jadi, rambut tetap lembut meskipun lagi didetoksifikasi.

Natur Hair Tonic Supaya Kuat dari Akar

Aku juga menambahkan Natur Hair Tonic di rangkaian perawatan rambut aku. Meskipun dari bahan-bahan alami, Natur Hair Tonic sama sekali nggak berbau jamu. Oh ya, semua produk Natur sudah nggak berbau jamu. Aromanya segar dan lembut.

Aku pakai Natur Hair Tonic untuk lawan rontok. Dengan pemakaian 14 hari berturut-turut, rambut rontok berkurang 90%. Cara kerja Natur Hair Tonic adalah menguatkan rambut dari akar. Kalau sudah kuat dari akar, tingkat kerontokan pasti akan berkurang.

Natur Hair Care (5)
Perawatan rambut lengkap dari Natur

Memangnya nggak apa-apa dipakai terus-terusan 14 hari?

Donwori! Natur Hair Tonic nggak mengandung alkohol, jadi aman untuk rambut. Sekalipun dipakai tiap hari, rambut nggak akan rusak.

Cara pakainya gampang, setelah keramas dan dikeringkan, pakai Natur Hair Tonic di kulit kepala, lalu pijat-pijat sebentar supaya aliran darah jadi lancar. Jangan dibilas lagi, ya.

Pakai Natur Hair Vitamin Juga

Satu lagi rangkaian perawatan rambut dari Natur yang aku pakai adalah Natur Hair Vitamin. Ada dua varian: yang kuning dan merah. Yang warna kuning mengandung Pro Vitamin B5 dan Aloe Vera, dengan aroma French Rose untuk semua jenis rambut. Sedangkan, yang warna merah dengan wangi Sweet Vanilla mengandung Vitamin E dan Olive Oil untuk rambut yang diwarnai supaya warna rambut awet.

Lho, kok pakai yang merah? Memangnya rambut kamu diwarnai, Cha?

Natur Hair Care (6)
Natur Hair Vitamin yang aku pakai

Mewarnai rambut, apalagi ala squirrel, masih impian buat aku, aku masih belum ketemu pewarna rambut yang nggak melapisi rambut supaya kalau wudhu tetap kena rambutnya, bukan lapisannya. Tapi, meskipun begitu, aku pakai Natur Hair Vitamin yang merah supaya warna rambut alami aku nggak lantas berubah jadi oranye kayak alay meskipun wara-wiri di bawah terik mentari.

Natur Hair Vitamin ini bisa dipakai di kulit kepala juga, nggak cuma di rambutnya. Fungsinya pun bukan cuma menutrisi, tapi menjaga kesuburan rambut. Pun, nggak lengket atau membuat rambut jadi lengket. Cara pakainya juga gampang, cukup disemprotkan ke rambut dengan jarak kira-kira 10 cm. Jangan terlalu dekat, supaya sebarannya merata.

Rangkaian Komplit

Pas kan, rangkaian Natur Hair Care yang aku pakai, semuanya untuk membuat rambut aku kuat dari akar. Itu ikhtiar aku untuk lawan rontok. Alhamdulillah, rambut rontok aku berkurang signifikan. Rambut aku juga makin kuat.

Kamu, mau coba Natur Hair Care juga, kan?

One Comment

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: