Blogging,  Lifestyle

Lebih Enak Apps Blogspot atau WordPress?

Aku punya dua blog. Satu di Blogspot, satu lagi di WordPress. Satu rada keurus, satu lagi rada berlumut. Dua-duanya aku pasangin aplikasinya di HP supaya gampang kalau mau posting.

Iyakah gampang?

Sungguh, dua aplikasi itu bedanya jauh banget. Yang satu rajin banget update, yang satunya lagi gak update-update meski udah dicek bolak-balik ke Playstore. Walhasil, yang satu fiturnya komplit, yang satu lagi apa adanya.

Buat yang suka hal-hal simpel dan sederhana, apps Blogspot mungkin pilihan tepat. Friendly user, simpel, gak banyak tombol. Tapi, buat aku yang lebih suka ngeblog pakai HP, aku lebih suka apps WordPress.

Dari halaman depan WordPress, aku bisa liat postingan dari temen-temen yang aku follow, juga notifikasi blog. Ada yang komen, like, follow, atau blognya ulang tahun, ada notifikasinya. Bisa langsung balas komen juga.

Terus, bisa juga liat statistik. Mau harian, mingguan, bulanan, taunan, ada. Hari-hari dan jam terbaik buat posting dikasih tau sama WordPressnya. Bisa ganti tampilan juga. Aku sih gak pernah nyoba kalau ini. Daripada gak bisa balikin ke awal lagi.

Di halaman posting-an, ada selain ada huruf miring dan tebal, ada juga garis bawah. Bisa masukin “read more”, dan atur posisi gambar suka-suka. Gak cuma gambar, bisa video juga. Bisa juga ngejadwal posting dan ngasih password. Oiya, bisa liat statistik per tulisan juga.

Nah, di Blogspot, saking simpelnya, di halaman depan adanya daftar posting, pensil buat bikin posting baru, dan kamera buat upload foto. Ada titik tiga yang isinya refresh, setting, view blog, feedback, help. Gak ada space buat baca komenan.

Di bagian dalam ada kolom buat judul postingan, isi postingan, label, lokasi, publish, simpen, hapus. Di bagian dalamnya lagi ada huruf miring, huruf tebal, dan link. Cuma kalau di aku, masalahnya, begitu diklik miring, gak keliatan miring. Jadi kan ragu. Kalau di apps tetangga, kalaupun gak miring, ada kode ‘tulisan‘ yang menandakan tulisan udah dimiringin.

Oiya, soal masukin foto juga. Dulu, tiap aku upload, foto masuknya di bawah posting-an. Aku gak bisa pilih tempat buat taroh foto. Sekarang-sekarang ini malah aku gak bisa upload foto. Katanya, file gak didukung. Padahal, di-upload di apps tetangga bisa.

Satu lagi, di WordPress, kalau lagi ngetik terus ketiduran dan apps lama-lama ketutup, tulisan gak ilang meskipun lupa di-save. Masuknya ke local changes. Tapi, kalo Blogspot, kelupaan dikit postingan lenyap, cuma ada judulnya doang. Tulisan ini sebenernya dibikin hari Senin. Karena lupa nge-save, lha sisa judul thok.

Aku udah bolak-balik Playstore, berharap ada pembaruan Blogspot. Tapi, gak ada juga. Malah WordPress yang rajin banget bikin pembaruan, sampai aku gak perbarui lagi. Pegel ngikutinnya, sayang kuota hehehe.

Aku dan teman-teman mungkin beda pendapat soal ini, urusan apps mana yang lebih ribet. Yang penting kita pakainya nyaman. Kenyamanan pakai apps pengaruh ke mood nulis. Nulis kalo gak enjoy jadi gak asyik juga, kan?

*Awalnya di-post pake apps Blogspot, terus dipindahin ke WordPress

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: