Uncategorized

Mau Beli Rumah di Depok Selatan? Ini Tipsnya

Sejak banyak gusur-gusuran dan PBB naik ekstrim, banyak warga Jakarta yang melipirkan diri ke daerah Depok Selatan (Cipayung, Citayam, dan sekitarnya). Selain harga hunian yang relatif ramah kantong kalau dibandingin sama Jakarta, jarak yang dekat ke Jakarta dan kawasan yang masih adem juga jadi alasan lainnya.
Tapi, sebelum memutuskan beli, cekidot tips, supaya gak garuk-garuk tembok nantinya.

1. Perhatikan Surat-Surat
Konon, rata-rata, tanah di Depok Selatan belum sertifikat. Masih sebatas AJB. Kadang-kadang, AJB-nya gak cuma 1, tapi beberapa, meskipun yang pegang ini juga masih sodaraan. Masalahnya, kalau kita beli dari si A, terus tau-tau si B dateng bawa AJB yang dia punya, bakalan ribet masalahnya. Hal itu gak cuma terjadi kalau beli rumah atau tanah langsung ke pemilik, tapi juga terjadi di perumahan-perumahan.
So, sebaiknya tanya detil tentang ini, termasuk ke marketing perumahan. Jangan takut buat nanya, karena pembeli berhak tau itu, dan banyak oknum-oknum jail juga. Pastikan juga nanti yang diterima kalau jadi beli itu SHM. Jangan mau kalau cuma dijanjiin AJB karena prosesnya makan waktu dan biaya lagi.
2. Cek Peruntukan Tata Ruang
Kawasan Depok Selatan lagi berkembang banget. Di beberapa tempat udah dikasih patok buat pembangunan jalan tol. Konon, isunya sampai mau ada bandara segala. Nah, daripada udah beli terus tau-tau digusur, kan? Apalagi kalau gusurnya buat fasum, fasos, atau ternyata tanah negara. Bukannya untung, tapi bisa jadi malah gak punya rumah.
Gak ada salahnya buat datangin kantor kelurahan atau kecamatan di situ, dan cek peruntukan tata ruangnya, termasuk tata ruang wilayah sekitarnya. Kan, gak asyik juga misalkan udah beli rumah, tau-tau akses ke pasar yang tadinya gampang jadi harus muter jauh karena dilewatin jalan tol.
3. Rute Angkutan
Alasan Depok Selatan banyak dilirik orang juga karena fasilitas angkutan umum. Ke mana-mana bisa jugijagijugijaguk pake komuter, tanpa harus ke terminal bus. Biayanya relatif murah dan cepat, meski di jam-jam tertentu harus rela jadi pepes dalam sauna.
Nah, yang perlu diliat juga adalah, akses ke stasiun. Apakah ada angkot? Kalau ada angkot, sampai jam berapa bubarnya? Kalau mau pake angkutan online, kira-kira tarifnya bikin bangkrut atau nggak kalau buat perjalanan setiap hari? Kalau gak bawa uang cukup dan kuota habis, alternatifnya gimana? Kalau bawa kendaraan sendiri, gak usah khawatir, parkiran banyak di stasiun.
Itu hal-hal yang penting diperhatikan kalau mau beli rumah di kawasan Depok Selatan. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah sekolahan, rumah sakit, tetangga (kalau beli rumahnya di perkampungan), dan lainnya. Kita gak mau kan, kalau nanti-nantinya bermasalah. Hunian baru harusnya juga bikin hati nyaman.
Jangan lupa, Depok Selatan adalah kawasan terbaik menikmati pemandangan gunung Salak.
*hasil ngobrol sama pengamat properti Depok Selatan
*pic cr Dailymotion

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: