Event

Membaca Dunia Menulis Semesta dalam Blogger Muslimah Meet Up

30 muslimah yang berprofesi sebagai blogger meramaikan Blogger Muslimah Meet Up yang digelar Ahad, (27/8). Acara yang mengusung tema “Membaca Dunia Menulis Semesta” ini dihelat di Nutrifood Inspiring Center (NIC), Jakarta, dan disponsori oleh Gogobli, Viva Cosmetics, butik MargaW dan She Collection.

“Blogger Muslimah berdiri 1 Desember 2014,” kata Founder Blogger Muslimah, Novia Syahidah, dalam sambutannya, mengenalkan komunitas Blogger Muslimah.
Meet Up Blogger Muslimah yang ke dua ini menyajikan dua materi teknis terkait kepenulisan: “Kepoin Dunia Penerbitan” dan “Fiksi Bagi Penulis Pemula”. Dua materi ini penting bagi Blogger, yang kesehariannya juga berkutat dengan kepenulisan.

“Editor sekarang adalah ideator,” ungkap kru Penerbit Noura, Rahmadiyanti, yang menyampaikan materi tentang Kepoin Dunia Penerbitan.

 

Muslimah yang akrab disapa Dee ini menjelaskan alur penerbitan buku, mulai dari penulis hingga toko buku. Dalam kesempatan ini juga, ia memaparkan, cara-cara editor mengakuisisi naskah, yaitu Solicited, dengan mengutamakan momentum, kebutuhan masyarakat, dan tren; Unsolicited, dengan menyeleksi naskah-naskah yang masuk ke penerbit; dan Translated, menerjemahkan buku-buku karya luar negeri.

 “Kami pernah menerbitkan buku Dahlan Iskan. Waktu itu, semua penerbit bikin buku Dahlan Iskan. Kita juga harus terbitin. Tapi, apa ya? Akhirnya, benar yang orang bilang ide itu datang dari kamar kecil. Direkturnya dapat ide tentang Dahlan yang waktu kecil gak pernah pakai sepatu karena miskin. Kami buat novelnya. Alhamdulillah, di antara buku-buku Dahlan Iskan lain, buku ini paling laris,” cerita muslimah yang sebelumnya pernah berkiprah di majalah Annida ini.

Pada acara ini, anggota Blogger Muslimah juga berkesempatan mendapatkan Beauty Class dari Viva Cosmetics. Sejumlah Beauty Consultant dari kosmetik yang telah 55 tahun mempercantik wanita Indonesia ini membagi pengetahuan dengan para muslimah tentang wajah, mulai dari cara membersihkan, merawat, dan meriasnya. Para muslimah juga diajak untuk mempraktikkan langsung ilmu yang diajarkan, dengan serangkaian kosmetik Viva yang mereka siapkan.

 

“Cantik itu wajah yang bersih dan sehat,” kata Kepala Unit Dukungan Konsumen Viva Cosmetics, Indah, yang datang dari Surabaya.

Menyelingi materi, peserta Blogger Muslimah Meet Up menyempatkan untuk salat dan makan makanan yang dibawa bersama-sama dengan sistem potluck. Nutrifood sebagai pemilik tempat dan brand Nutrisari, Hilo, juga Tropicana Slim menyediakan beragam minuman di kafe yang berada di lantai bawah NIC Inspiring Center.

Sesi materi ke dua, para muslimah diajak menyelami dunia penulisan fiksi dengan materi yang dibawakan Founder Blogger Muslimah yang juga penulis kawakan, Novia Syahidah. Fiksi, menurutnya, memiliki peran penting dalam membawa perubahan.

“Ketika jurnalisme dibungkam, sastra harus bicara,” tegas pemilik karya fenomenal Putri Kejawen ini, mengutip Seno Gumira Ajidarma.

 

Penulis yang akrab disapa Uni Via tersebut menerangkan dasar-dasar menulis fiksi, mulai dari definisi hingga unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Ia menegaskan, meskipun imajiner, karya fiksi harus masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasikan hubungan antar tokoh-tokohnya.
“Semua unsur dalam karya fiksi harus saling melengkapi dan punya hubungan sebab-akibat,” tambahnya.
Sesi “Fiksi Bagi Penulis Pemula” ini ditutup dengan Workshop Kilat. Peserta diharuskan membuat 1-2 paragraf pembuka di akun Facebook masing-masing, dan menandai Novia Syahidah Rais dalam kirimannya.

Di akhir acara, panitia mengumumkan pemenang lomba Live Tweet, Instagram, dan Workshop Kilat. Sejumlah brand fashion muslimah ternama turut menjadi sponsor hadiah lomba-lomba tersebut. Di antaranya, MargaW dan Mozlaik. Blogger Muslimah Meet Up resmi ditutup dengan sesi foto bersama.

*reportase ala2
*maapkeun
*fotonya ngambil dari web BM

2 Comments

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: