MIUI 10 Redmi Note 3 (7) - Superduper Spesial
Gadget,  Lifestyle

MIUI 10 di Redmi Note 3

Galz, beberapa bulan lalu, aku dapat kabar gembira kalau Xiaomi kini ada ekstraknya. Nggak, denkz! Jadi, beberapa bulan lalu, di Forum dan WAG Mi Fans, beredar kabar kalau Xiaomi mau rilis pembaruan software edisi 10. Kita sebut saja MIUI 10. Sebagai pengguna kepo, aku penasaran dan bertanya-tanya, apakah cocok MIUI 10 di Redmi Note 3 aku yang notabene edisi djadoel?

Redmi Note 3 aku pernah di-flash awal 2017. Masalahnya, apalagi kalo bukan karena 4G terkunci karena masalah TKDN. Awalnya ikhlas-ikhlas aja tetap di jaringan 3G, tapi lama-lama stres juga. 3G lemot, sementara 4G kekunci. Berbekal informasi dari Twitter, sampailah Redmi Note 3 aku ke Kiki, Mi Helper Regional Depok bernama Kiki. ROM Global Stable di Remdi Note 3 aku diganti ke ROM China Dev. 4G lancar jaya setelah itu.

Penasaran dan harap-harap cemas aku makin menjadi setelah Meet Up Angin-Anginan Mi Fans Depok (29/7) di Taman Lingkar UI. Materinya tentang MUI 10. Asli, mupeng lihat tampilannya yang terkesan clean and soft, beda sama MIUI 9 yang colorful.

Menurut Galih, pematerinya, Redmi Note 3 kebagian MIUI 10. Apalagi yang ROM China Dev, biasanya dapat awal-awal. Cuma mungkin belum waktunya. Tapi, pasti ada. Okelah, sepertinya memang harus bersabar.

Sampai akhirnya di Orange Friday (hari Jum’at, hari update-an software buat ROM Dev), datanglah MIUI 10 ke Redmi Note 3 aku. Besarannya waktu itu 1,3 GB. Tanpa menunggu saat-saat ketemu wifi, aku langsung download pakai kuota. Lumayan juga, download semalaman karena sinyal timbul tenggelam.

Nah, apa yang baru di MIUI 10 edisi Remdi Note 3 ROM Dev? *note: karena ROM Dev, jadi akan ada pembaruan-pembaruan terus.

 

1.  Notification & Status Bar
Dulu, aku selalu gonta-ganti theme yang bisa ubah status bar supaya nggak hijau, biru atau ungu doang. Agak susah buat dapat yang pas. Sekalinya ada yang cocok, eh berbayar. Di MIUI 10, status bar-nya lebih simpel, agak transparan, dan lebih soft lihatnya karena sudutnya round. Buat edit-edit juga bisa langsung di situ tanpa harus masuk ke setting.

MIUI 10 Redmi Note 3 (2) - Superduper Spesial

 

2. Weather
Halaman ‘Cuaca’ di MIUI 10 lebih full awannya dibanding di MIUI 9. Sehalaman-sehalamannya awan. Kalau di MIUI 9 cuma setengah halaman yang ada awannya, sisanya putih. Buat aku, awan di MIUI 10 ini lebih cute.

MIUI 10 Redmi Note 3 (3) - Superduper Spesial

 

3. Calendar
Kalender ini bentuknya juga lebih simpel. Kalau dulu, bentuk kalendernya kotak-kotak, atasnya warna hijau. Buat transisi dari harian, bulanan, mingguan, lebih gampang.

MIUI 10 Redmi Note 3 (4) - Superduper Spesial

 

4. Music
Tampilannya, asli, jadi lebih keren. Dulu, kalau mau lihat daftar lagu harus geser layar ke kiri, terus muncul daftar yang panjaaang. Sekarang cukup pencet ikon di sebelah kiri, dan daftar lagu muncul tanpa ganggu tampilan lagu yang lagi diputar. Kalau dulu warna-warni antara hitam, abu-abu, pink, dan lainnya, sekarang warnanya putih.

BTW, ini tampilan aplikasi musik yang koneksi internetnya aku setting non-aktif. Kalau yang terkoneksi internet beda lagi. *abaikan playlist-nya*

MIUI 10 Redmi Note 3 (5) - Superduper Spesial

MIUI 10 Redmi Note 3 (6) - Superduper Spesial

 

5. Lainnya
Selain empat tadi, ada juga game booster. Aku udah coba buat main Pokopang. Loading-nya lebih cepat dan lebih stabil. Icon-nya kecil di sudut kiri layar, jadi nggak ganggu main game. Tombol navigasinya juga jadi inactive. Kalau mau exit, harus tap dua kali.

Icon Game Booster kalau diklik muncul kotak (yang sayangnya tiap mau di-screenshot pasti hilang) yang isinya tombol untuk rekam layar, screenshot game, dan tombol buat non-aktinkan booster-nya. Notifikasi chat yang muncul waktu main game juga lebih kecil dan transparan.

Baca juga: 7 Alasan Redmi Note 4 Bikin Mupeng

Indikator volume, yang dulu adanya di atas, sekarang pindah ke samping kanan, dekat tombol volume up and down. Perpindahan antarlayar juga lebih smooth dan gak kaku.

Satu lagi yang keren, fitur AI di MIUI 10 juga memungkinkan untuk bikin foto mode potrait dengan single camera. Meskipun di Redmi Note 3 aku belum ada, aku udah coba di HP lain. Hasilnya, nggak kalah sama HP-HP yang di-endorse teman-teman.  Karena pakai AI, bukan dual cam, prosesnya agak lama. Tapi, hasilnya sama.

Nah, segitu dulu update-an tentang MIUI 10. Mulainya emang udah di tengah-tengah, bukan dari awal kenapa pakai Xiaomi hehehe. Yang jelas sih, karena Xiaomi oprek-able. Mau tanya-tanya tentang Xiaomi? Masuk ke sini aja.

 

 

 

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: