Uncategorized

Ngeri-Ngeri Sedap Naik Transjakarta

Transjakarta terbakar di halte Masjid Agung
Pict by: merdeka.com
Siapa yang gak kenal Transjakarta? Warga Jakarta pasti sudah akrab sama bus besar yang punya jalur khusus itu. Beroperasi sejak akhir masa pemerintahan Sutiyoso, sampai hari ini Transjakarta masih terus menambah rute-rute layanannya. Yang terbaru dan belum jadi adalah rute Tendean-Ciledug.
Transjakarta adalah keuntungan bagi warga Jakarta. Sekali naik Transjakarta, sejauh apapun rutenya dan berapa kali transit pun, tarifnya sama: Rp.3500. Jika dibandingkan dengan moda transportasi lain yang setiap transit harus bayar lagi, pasti jauh lebih murah.

Keinginan buat menjadikan Transjakarta sebagai angkutan yang nyaman dan murah buat warga Jakarta sepertinya masih jadi PR besar. Entah udah berapa kali Transjakarta merk Zong Thong membara di jalanan, padahal gak ada yang iseng membakar. Naik Transjakarta merk ini mirip naik Metromini: banyak-banyak zikir. Iya, zikir, berharap bukan Zong Thong yang dinaiki yang kebagian jatah kebakar.
Sebelum kejadian Metromini ditabrak Commuter, Transjakarta udah duluan. Kejadiannya di perlintasan Green Garden, dengan masalah sepele: supir main handphone. Padahal, petugas palang pintu udah memperingatkan kalau ada Commuter mau melintas. Alhamdulillah, Allah masih melindungi supir dan semua penumpang.
Metromini buluk? Transjakarta juga ada lho yang buluk. Coba cek di koridor 4, rute Dukuh Atas-TU Gas. Busa di bangku udah tipiiis, warnanya kusam, karet pintu depan melambai-lambai, pintu belakang udah gak bisa tertutup rapat, dan kabin belakang panas. Tentu semua hal itu mengurangi kenyamanan.
Pembenahan transportasi Jakarta harus segera dilalukan. Bukan cuma untuk Metromini, tapi juga Transjakarta juga perlu dievaluasi. Armadanya dirapikan dan supirnya juga ditatar lagi. Oh ya, kalau mau beli armada baru, sebaiknya yang gak nyimpan kembang api dan petasan di mesinnya. Jadi, penumpang pun gak “ngeri-ngeri sedap” setiap kali naik.
Kalau penumpang yang jadi prioritas utama, yuk Transjakarta juga berbenah diri.

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: