Lifestyle

Ngomongin Jerawat Yuk!

Gals, setelah sekian lama gak posting karena satu dan lain hal, hari ini aku datang lagi. Ada yang kangen? Di postingan kali ini, aku mau bahas masalah yang gak ada habisnya dibahas para cewek. Kita ngomongin jerawat, yuk!

Cewek-cewek, apalagi yang masih ABG, pasti stress banget sama benda kecil yang hobi muncul di wajah. Entah sekadar menenangkan hati atau seriusan, ada aja tuh, orang yang memuji orang berjerawat. Katanya, wajah berjerawat bagaikan bulan. Jangan GR dulu! Kalau kita pernah lihat foto permukaan bulan, pasti kita tahu kalau kata-kata itu adalah ledekan. Iya, ledekan! Permukaan bulan itu samasekali gak mulus.

 

Cari Tahu Penyebab Jerawat

Aku suka bingung gitu kan, kenapa sih, aku jerawatan? Apalagi, kalau menjelang tamu bulanan datang. Wah, jerawat beredar di mana-mana. Gak mungkin juga semua jerawat itu tumbuh karena aku kangen orang. Ya kali, segitu banyaknya orang yang aku kangenin hehehe. Berdasarkan hasil baca-baca di sini, ternyata ada empat masalah utama jerawat. Cekidot!

1. Produksi Sebum Berlebihan

Gals, adakah yang wajahnya berminyak? Nah, sebum itu, secara simpelnya, adalah minyak yang ada di wajah. Minyak ini sebenarnya baik, karena bisa mencegah kulit kering. Cuma, kalau kebanyakan, pasti wajah jadi kayak kilang dan rentan berjerawat. Wajah aku tipenya berminyak. So, gampang banget buat jerawat pamer diri di wajah aku.

 

2. Sumbatan Pada Folikel Rambut

Folikel rambut itu sejenis pori-pori, Gals. Kalau folikel rambut itu terbuka, dia bebas buat bernapas. Tapi, kalau sudah terhalang minyak dan serpihan sel kulit mati, pasti ujung-ujungnya akan muncul jerawat karena tersumbat. Ini yang biasa kita sebut wajah kotor.

Jerawat, Gizi Kosmetika Halal (2)

3. Bakteri

Ada bakteri namanya propionibacterium acnes. Kalau bakteri ini nempel di kulit, dia bisa berkembang dan nantinya menyumbat folikel rambut. Ini yang bisa bikin jerawat beranak-pinak di wajah.

4. Hormon

Pernah kan, kalau lagi mau datang bulan, tahu-tahu jerawat bermunculan bagai jamur di musim hujan? Yupz, itu karena masalah perubahan hormon. Konon, hormon ini penyumbang 80% masalah jerawat pada perempuan. Begitupun yang ABG. Hormon pubertas yang lagi seru-serunya muncul juga jadi penyebab jerawat. Nah, kalau kita stres, jerawat juga muncul. Well, anggap saja mereka mau menghibur kita.

 

Cara Simpel Mengatasi Jerawat

Asli ya, jerawat bikin stres, dan kalau kita stres jerawat makin muncul hehehe. Bingung, gimana cara menanggulanginya. Berhubung wajah aku rentan jerawatan, jadi aku harus putar otak cari cara supaya nggak jerawatan. Kalaupun berjerawat, minimal di saat-saat tertentu dan nggak rombongan.

Nah, ini cara yang biasa aku pakai demi meminimalisir populasi jerawat di wajah aku:

1. Mood harus tetap stabil

Sebagai seorang dengan Aspergers’ Syndrome yang moodnya gampang naik-turun drastis, aku harus berupaya maksimal untuk menjaga mood tetap baik. Apalagi, kalau mood lagi menurun, rasanya kayak orang depresi. Cara terbaik supaya tetap stabil adalah dengan melakukan hal-hal yang aku suka dan jaga makanan. Secara, ada makanan-makanan yang bisa memicu aku depresi mendadak, kayak kacang atau kecap.

Jerawat, Gizi Kosmetika Halal (3)

2. Setia sama satu merk kosmetik

Sebagai cewek, kadang kita kepo sama brand kosmetik baru. Dengan segala macam promo, pastilah kita tertarik untuk mencoba. Aku berusaha setia sama satu brand, meskipun brand lain terlihat menggiurkan. Alasannya, supa kulit wajah aku nggak selalu memulai adaptasi sama bahan kimia baru di kosmetik. Pun, aku mengurangi pemakaian kosmetik, dan berusaha supaya kulit wajah tetap ringan.

 

3. Rawat wajah secara teratur

Penting banget, nih. Aku bela-belain cuci muka malam-malam, pulang dari aktivitas, meskipun ngantuk. Namanya juga dari mana-mana, pasti wajah sudah penuh debu, minyak, polusi. Aku pilih sabun muka dibanding susu pembersih, supaya praktis. Aku juga pakai krim pagi dan malam supaya wajah terjaga maksimal.

 

Kenapa Gizi?

Ada satu brand perawatan wajah yang aku suka. Namanya Gizi Secret of Seaweed. Duluuu, pada suatu masa, aku mengenal Gizi sebagai Super Cream yang bisa melembabkan kulit, bahkan hingga tumit yang kasar. Bahannya alami, jadi aman untuk dipakai sehari-hari.

Jerawat, Gizi Kosmetika Halal (4)

Nah, sekarang Gizi Secret of Seaweed ada varian Beauty Active yang mengandung bahan alami Lotus Essence. Varian ini ada dua macam: sabun wajah dan cream wajah untuk pagi dan malam. Pasangan ini cocok untuk mencegah jerawat bolak-balik dan menjaga kesegaran wajah.

FYI, Gizi juga sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI. Tapi, bukan buat dimakan atau dicampur air dan diminum juga. Dengan sertifikasi halal ini, kita bisa memastikan kalau apa yang menempel di kulit kita halal. Aromanya lembut, selembut teksturnya di wajah. Aku pakai selama sebulan, alhamdulillah, efektif mengurangi jerawat. Menjelang datang tamu bulanan pun, jerawat lebih terkontrol dan nggak muncul rombongan.

So, kamu-kamu yang bermasalah dengan jerawat dan mulai frustasi, boleh dicoba Gizi Secret of Seaweed varian Beauty Active, produk asli Indonesia. Kalau sudah coba, bagi-bagi ceritanya di sini, ya. Aku tunggu, lho!

 

 

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: