Uncategorized

Resolusi Gambar Cuma Seuprit? Coba Waifu

Temans, konon, postingan gak akan asyik tanpa adanya gambar. Teman-teman yang udah jago, pasti bisa bikin gambar sendiri yang menarik. Tapi, buat yang dudulz macem saya, boro-boro! Saya lebih milih cari kemudahan dengan minta cariin gambar sama Mbah Google.


Masalahnya adalah, kadang, gambar yang saya mau pake resolusinya seuprit. Kecil banget. Jangankan biat di-redit atau di-trace, diposting langsung aja gak keliatan. Oke, ini lebay. Tapi, seenggaknya, kita pasti pernah ngerasain dapet gambar yang resolusinya dikit banget, kan?

Kalau kejadiannya kayak gitu, kita pasti nanya lagi ke Mbah Google tentang ganbar-gambar kayak gitu tapi yang resolusinya gedean. Kadang ada, kadang juga nggak. Kalau ada, pasti gak jadi masalah. Tinggal download, dan taroh di postingan. Jangan lupa cantumin credit (cr).

Tapi, kalau gambar yang tadi nemu itu cuma satu-satunya, dan kalau resolusinya dinaikin pake program editan foto malah pecah, kayaknya teman-teman harus coba Waifu.

Waifu itu semacem halaman buat naikin resolusi gambar, dan hasilnya cukup oke. Caranya pakenya gampang banget. Buka aja http://waifu2x.udp.jp/ nati muncul tampilan begini:

Langkah selanjutnya, kita tinggal masukin link gambar yang tadi mau kita download. Atau, kalau gambarnya udah di-download, bisa pilih “choose image”. Kita bisa pilih gambarnya mau berbentuk foto atau artwork, bisa atur noise, dan atur berapa kali pembesaran. Jangan lupa centang pernyataan kalau kita bukan robot.

Abis itu, kalau saya biasanya pilih “Convet”, pengen lihat dulu hasilnya kayak gimana. Kalau oke, tinggal klik kanan. Masih kurang gede? Simpen aja dulu gambar itu, terus buka Waifu lagi, dan gedein lagi.

Gampang, kan?

Kalau mau di-redit atau trace juga udah bisa. Yang penting, tetap cantumin creditnya aja. Oiya, sebenernya ada klausul gak tertulis juga kalau gambar yang ada di dumay itu udah jadi milik umum dan siapapun berhak pake. Tapi, sebagai tengkyu, gak ada salahnya kita cantumin dapetnya gambar itu dari mana. Kalau saya, mungkin lebih suka yang ada creditnya langsung di gambar. Ya kan emang punya orang. Buat apa kita ngumpet-ngumpetin?

Waifu itu cara gampang buat naikin resolusi gambar. Mau yang susah? Ada. Hehehe

*pic cr on pic

2 Comments

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: