Tips Menang Lomba 17-an
Let's Talk

Tips dan Trik Menang Lomba 17 Agustus

Seperti biasa, perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia bakalan dihiasi lomba-lomba. Agustusan tanpa lomba bagaikan nasi uduk tanpa semur jengkol, enak tapi kayk ada yang kurang. Nah, aku mau berbagi tips dan trik menang lomba 17 Agustus. Cekidot!

1. Makan Kerupuk

Ini lomba paling enak sepanjang 17-an. Lumayan, dapet kerupuk gratisan. Supaya menang, pastikan jangan makan apa-apa dulu sebelum lomba. Kalau perut lapar, kerupuk terasa lebih nikmat. Ukur tali dengan pas, sedikit lebih panjang dari mulut. Waktu lomba, begitu kerupuk udah di mulut, jangan sampai lepas. Masukin yang agak gede, terus kunyah sedikit-sedikit.

2. Balap Karung

Yang kita perlukan dalam balap karung adalah karung yang proporsional. Kalau kepanjangan bakalan keserimpet, kalau kependekan bakalan nunduk lompatnya. Pas lomba, pastikan koordinasi tangan dan kaki sempurna. Tangan bukan cuma buat pegang karung, tapi buat tarik karung ke atas dan mengendalikan lompatan. Kaki juga harus lurus rapat, persis kalau skipping. Jangan keburu-buru. Usahakan tetap fokus sama kaki dan tangan.

 

3. Lari Kelereng

Sebisa mungkin pilih sendok yang lengkungnya dalam. Kalau panitia cuma sediain yang ceper, cari sendok yang tebal. Sendok tebal lebih nyaman digigit. Taruh sendok di pinggir mulut, bukan di tengah, karena di tengah gak stabil. Usahakan gagang sendok yang ada di dalam mulut panjang, jadi sendok lebih stabil. Perhatiin tracknya baik-baik sebelum lomba, jadi pas jalan bisa fokus ke kelereng. Pede itu penting. Yakinkan diri, kelereng, dan sendok kalau kalian adalah tim yang hebat.

 

4. Memasukkan Benang ke Jarum

Biasanya, benangnya kan gak boleh dijilat. So, pas mulai, jalan aja beberapa langkah pelan-pelan sambil fokus ke benang dan lubang jarum. Pilin ujung benang supaya gak melebar. Kalau udah masuk, baru lari.

 

5. Memasukkan Paku ke Botol

Paku pasti goyang-goyang, soalnya abis dibawa lari. Yang penting dilakukan di depan botol adalah berdiri tenang dan tarik napas dalam-dalam. Fokusin pikiran ke botol. Sebaiknya paku masuk di percobaan pertama. Kalau gak gitu, ntar pakunya goyang lagi dan harus ulang proses dari awal.

 

Itulah tips dan trik ikut lomba 17-an. Aku dan tetangga udah praktikin, dan it’s work! Sekarang sih, aku jarang ikut lomba. Udah diblokir panitia.

 

Buat para Aspergers yang punya tekad kuat buat jadi lebih “normal”, ini cara aku buat ketemu orang, ngelatih keinginan berkompetisi, juga ngelatih fokus dan ketenangan. Di setiap lomba, meskipun sebentar, kita dituntut fokus dan abai dari bisingnya teriakan orang.

 

Ada yang bilang, lomba-lomba itu dibikin penjajah buat menghina rakyat Indonesia. Whatever! Kita harus berbahagia merayakan ulang tahun Indonesia, dan setelah itu kembali ke tugas kita di awal: mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

 

Dirgahayu negaraku, tanah airku. Semoga Indonesia lestari dalam wujudnya, bukan cuma di ingatan

*pict cr: poenggol.blogspot.com

*vid cr: Oh My School ep. 3

Komen, Kuy!

%d blogger menyukai ini: